Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Sarankan Warga Kembangkan Ternak yang Cepat Menghasilkan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Maret 2022 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menyarankan warga agar memelihara ternak yang cepat menghasilkan sehingga dapat segera merasakan hasilnya untuk menunjang perekonomian keluarga.

Hal itu disampaikan Ampera saat menghadiri kegiatan tanam perdana jagung komposit di Desa Netampin, Kamis 10 Maret 2022. Menurutnya salah satu ternak yang cepat menghasilkan jika dipelihara dengan benar dan telaten adalah ayam pedaging.

“Ayam pedaging diplihara 25 hari sudah bisa panen. Sedangkan ikan 6 bulan baru bisa panen, apa lagi babi dan sapi agak lambat untuk mendapatkan hasilnya,” jelasnya.

Bupati menambahkan program pengembangan budidaya jagung komposit yang dicanangkan pemerinatah kabupaten saat ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sekaligus mendukung pengembangan ternak ayam.

"Dengan tersedianya pakan ternak di Barito Timur maka kita harapkan akan memunculkan minat masyarakat untuk mencoba memelihara ayam yang lebih cepat menghasilkan dibandingkan ternak lain," ujarnya.

Menurutnya pengembangan produksi pakan ternak lokal akan membuat harga pakan menjadi lebih murah dibandingkan pakan yang didatangkan dari luar daerah.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, tahun 2022 Pemkab Barito Timur akan mengembangkan jagung komposit seluas 968 hektar jagung komposit. Sebanyak 600 hektare merupakan bantuan dari Pemprov Kalimantan Tengah dan 368 hektare menggunakan anggaran Pemkab Barito Timur. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru