Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korem Panju Panjung Gelar Operasi Bibir Sumbing di RSUD dr Murjani Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Maret 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komando Resor Militer (Korem) 102/Panju Panjung, menggelar operasi bibir sumbing terhadap 50 orang warga di 5 kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng), yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, Jumat, 11 Maret 2022. 

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Korem 102/PJG, yang diikuti warga dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Seruyan, Katingan, Pangkalan Bun, Lamandau, dan Sukamara. 

"Kegiatan ini kolaborasi antara Korem 102/PJG, Pemkab Kotim, RSUD dr Murjani Sampit, dan pelaksana dari Yayasan Sekar Lintas Nusantara," ujar Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Abdul Hamid, saat memantau kegiatan tersebut zdi RSUD dr Murjani Sampit. 

Dirinya sangat bersyukur bahwa kegiatan tersebut dapat terlaksana. Peserta yang ikut juga merupakan orang yang memang sangat membutuhkan. Karena mereka rata-rata kurang mampu untuk melakukan operasi dengan biaya pribadi. 

"Untuk operasi bibir sumbing ini, membutuhkan biaya yang besar. Sehingga, program yang dilaksanakan hari ini sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu tersebut, agar mendapatkan operasi secara gratis," kata Hamid. 

Pelaksanaan tersebut juga dilakukan sebagai langkah agar nantinya para penderita tidak minder dengan kondisinya. Sehingga, mereka bisa bergaul dengan nyaman layaknya anak pada umunya. 

"Rata-rata yang mengikuti operasi ini merupakan anak-anak. Dan target kami adalah membantu mereka," terang Hamid. 

Plt Direktur RSUD dr Murjani Sampit dr Sutriso dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat bangga dan bahagia karena diberikan kepercayaan untuk menjadi tempat pelaksanaan operasi bibir sumbing tersebut. 

"Kami siap mendukung proses ini dari awal hingga akhir. Baik ruang operasi dan ruang rawat inap juga sudah kami siapkan," kata Sutriso. 

Pihaknya telah menyiapkan 2 buah ruang operasi dan 3 buah ruang isolasi dan perawatan. Bahkan pihaknya akan berupaya untuk menyediakan dokter spesialis nantinya. Agar dapat dilaksanakan di RSUD dr Murjani. 

Sementara, operasi bibir sumbing sendiri dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Sekar Lintas Nusantara. Karena di RSUD dr Murjani Sampit sendiri belum memiliki dokter spesialis operasi tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru