Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 Desa di Kecamatan Dusun Timur Sudah Menyalurkan BLT DD

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Maret 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Ristanto Pratomo mengungkapkan, sebagian atau 8 desa yang ada di kecamatan tersebut telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD kepada keluarga penerima manfaat atau KPM.

"BLT DD yang disalurkan untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Rata-rata desa menyalurkan BLT DD secara tunai karena proses pembuatan rekening di BRI yang belum rampung," kata Camat saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat, 11 Maret 2022.

Menurutnya, semua desa sudah mengajukan permohonan ke BRI untuk pembuatan rekening tapi mungkin karena serentak dilakukan oleh 101 desa sehingga membutuhkan antrian yang panjang di BRI.

"Jadi bagi yang belum selesai pembuatan rekening dilakukan penyaluran BLT DD secara tunai agar segera tersalurkan," terang Ristanto.

Meski demikian dia menargetkan pada penyaluran BLT DD bulan April nanti semua sudah harus melalui rekening bank milik KPM.


Ristanto juga berpesan kepada pemerintah desa yang belum menyalurkan BLT DD agar segera mengajukan permohonan pencairan.

"Kepada KPM BLT DD saya selalu ingatkan saat menghadiri penyaluran agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jangan untuk membeli HP, kredit, apalagi untuk berjudi," tegas Camat.

Dia juga menyarankan agar KPM menggunakan uang tersebut untuk berbelanja di warung-warung terdekat yang ada di desa untuk mendukung pergerakan ekonomi di desa sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat desa.

"Selain itu syarat bagi penerima BLT DD harus sudah divaksin, kalau belum divaksin jangan dulu di salurkan," pesan Camat. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru