Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas: Jadilah Kades yang Bisa Jadi Panutan untuk Masyarakat

  • Oleh Riska Yulyana
  • 11 Maret 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong memberikan beberapa pesan untuk 14 kepala desa yang baru saja dilantik pada Kamis, 10 Maret 2022 lalu.

"Pertama, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsi saudara, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya pada Jumat, 11  Maret 2022.

Jaya meminta agar para kades bisa menyatukan dan mempererat kembali masyarakat karena kepala desa merupakan pelayan masyarakat.

Lalu, dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintahan Kabupaten Gunung Mas melalui alokasi dana desa (ADD) dan kebijakan pemerintah pusat melalui dana desa (DD), para kades yang baru dilantik tersebut juga diminta dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu, para kades diminta untuk memahami dan mengerti dari tugas, fungsi, hak dan kewajiban mereka sebagai kepala desa serta mengikuti semua mekanisme agar pelaksanaan roda pemerintahan bisa berjalan dengan efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Selanjutnya, Jaya meminta para kades menjalin hubungan kerja serta komunikasi yang harmonis antarkepala desa dan BPD dengan selalu melakukan koordinasi maupun konsultasi, serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain itu juga, kades dan BPD harus dapat kerja sama dalam pengelolaan keuangan desa dari tahap perencanaan, penetapan dan pelaksanaan karena apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka untuk pinalty akan langsung dilakukan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Berita Terbaru