Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPPRD Kota Palangka Raya: 10 Persen Hasil Walet Wajib Setor Sebagai Pajak

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Maret 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini, Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur bangunan sarang burung walet masih dalam tahap perombakan beberapa isi yang terkait dalam perda tersebut.

Akan tetapi, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya tetap terus melakukan sosialisasi terkait pajak yang dikenakan kepada para pelaku usaha walet tersebut.

Kepala BPPRD Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban menjelaskan, dalam pemungutan pajak sarang burung walet, tidak ada batasan besaran atau kecilnya bangunan. Sebab, nilai pajak yang dibebankan kepada pengusaha adalah hasil dari sarang burung walet bukan dari segi bangunannya.

"Meskipun perda walet sendiri belum ditetapkan, karena masih dalam tahap perombakan namun untuk pajak tetap berjalan. 10 persen dari hasil panen pengusaha wajib dibayarkan sebagai pajak," ucapnya, Jumat, 11 Maret 2022.

Saat ini juga, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap pelaku usaha walet untuk taat membayarkan pajaknya. Sedangkan terkait perda, sedang dikaji terkait poin-poin yang akan ditambah ataupun dihilangkan.

"Untuk perdanya saat ini ada dibawa Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palangka Raya. Di sanalah perda itu sedang dikaji, supaya saat diusulkan menjadi perda, tidak ada lagi poin-poin yang memberatkan bagi pengusaha, juga tidak merugikan masyarakat banyak," tuturnya.

Selama perda belum disahkan, para pelaku usaha yang akan membangun sarang walet harus melalui beberapa tahapan, seperti surat izin , RT/RW dan lingkungan sekitar meskipun memang ada satu kelurahan yaitu Pahandut Seberang yang sudah tidak mengeluarkan izin banguanan walet, sampai perda itu nanti keluar.

"Kendala di lapangan pasti ada, terutama masyarakat yang belum mengerti terkait pajak walet ini. Namun diakuinya pada tahun 2021 pendapat sektor ini mengalami peningkatan yang luar biasa dari tahun yaitu meningkat 14 persen," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru