Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadan, Instansi Terkait Diminta Perketat Pengawasan Kebutuhan Pokok

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Maret 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menjelang bulan suci Ramadan setiap tahunnya sering kali terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran.

Oleh karena itu Anggota DPRD Kalteng, Henry meminta kepada pemda melalui instansi terkaitnya supaya dapat memperketat pengawasan terhadap kebutuhan pokok dipasaran guna menekan potensi kelangkaan ataupun kenaikan harga.

"Pemerintah harus dapat memastikan harga kebutuhan pokok dipasaran tidak dijual melebih HET saat permintaan diperkirakan naik. Karena itu, pengawasan perlu dilakukan secara rutin," ucapnya, Sabtu, 12 Maret 2022.

Dia menjelaskan, dengan pengawasan secara rutin pemerintah dapat mengetahui sejauh mana ketersediaan stok pangan di pasaran apakah mencukupi atau tidak dan juga harga masih stabil atau terjadi kenaikan, sehingga langkah-langkah antisipasi jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga dapat segera dilakukan.

"Tentu harapan kita semua itu dapat diantisipasi semenjak dini, agar masyarakat tidak menjadi korban oleh oknum-oknum nakal yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih, apalagi sekarang ditengah pandemi tentu perekonomian masyarakat juga masih terdampak," jelasnya.

Dia menegaskan, jangan sampai setiap menjelang hari besar keagamaan selalu terjadi kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok dipasaran. Pemerintah harus dapat menangani hal tersebut dengan baik dan maksimal, sehingga masyarakat tidak terbebani akan hal itu.

"Pemerintah daerah harus dapat menjaga pasokan butuhan pokok dan juga pergerakan harga yang terjadi dilapangan. Oknum-oknum yang memanfaatkan situasi jangan sampai luput dari pantaun, jika ditemui berikan sanksi sesuai ketentuan," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru