Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Gubernur Berangkatkan Sampel Utama Tanah dan Air Kalteng ke IKN Nusantara

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Maret 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalteng, Edy Paratowo memberangkatkan sampel utama tanah dan air dari seluruh daerah yang ada di Kalteng menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Panajam Paser, Kaltim, Sabtu, 12 Maret 2022.

Edy mengatakan, pemberangkatan tanah dan air dari seluruh daerah di Kalteng ini merupakan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke lokasi titik Nol IKN, sekaligus melaksanakan penyatuan tanah dan air dari daerah-daerah di Indonesia.

"Ini merupakan suatu momen bersejarah bagi kita semua, di mana Kalteng turut mengambil peran menjadi bagian penting dari dinamika serta perjalanan Bangsa Indonesia," ucapnya.

"Pada tanggal 14 Maret 2022, kita akan bersama menyaksikan sebuah peristiwa langka, yaitu penyatuan tanah dan air dari seluruh daerah di titik Nol IKN. Peristiwa ini menjadi simbol penyatuan seluruh elemen bangsa menuju Indonesia baru," tambahnya.

Diungkapkannya, kegiatan itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan, serta sangat mungkin untuk menjadi satu-satunya yang pernah disaksikan seluruh rakyat Indonesia.

Dia menjelaskan, sebelumnya pemprov Kalteng bersama pihak-pihak terkait termasuk pemangku adat dan agama secara bersama mengumpulkan tanah dan air dari seluruh kabupaten dan kota di Kalteng untuk kemudian disatukan dan dibawa ke IKN Nusantara.

Tanah tersebut diambil dari lokasi penting disetiap kabupaten dan kota yang memiliki nilai historis, religius serta magis. Begitu juga dengan air yang akan di bawa itu diambil dari 11 daetah aliran sungai (DAS) yang ada di Kalteng.

"Kita patut berbangga akan kesempatan untuk dapat ikut serta dalam moment bersejarah ini. Hal ini membuktikan bahwa Kalteng merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Dia menyebutkan, kemajuan bangsa Indonesia merupapakan harapan serta tujuan bersama, yang pada akhirnya nanti juga akan berdampak bagi kemajuan Provinsi Kalteng. "Mari kita berkomitmen untuk turut serta menyukseskan pembangunan bangsa ini," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru