Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemerintah Pikirkan Solusi Jangka Pendek Terkait Jaringan Listrik dan Internet

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Maret 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, M Sriosako meminta kepada pemerintah bersama pihak terkait agar dapat memikirkan solusi jangka pendek terkait pembangunan jaringan listrik dan internet khususnya pada wilayah yang belum teraliri jaringan tersebut.

Pasalnya hal itu, menjadi salah satu aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya disaat melaksanakan reses baru-baru ini. Sebab, jaringan listrik dan internet dinilai sangat penting bagi masyarakat di era globalisasi seperti sekarang.

"Memang kita ketahui sendiri, perlu proses panjang dan biaya yang besar untuk membangun jaringan listrik dan telekomunikasi seperti jaringan telepon dan internet ke wilayah pelosok, apalagi jika akses transportasinya belum memadai. Namun, hal itu bisa ditindaklanjuti dengan program jangka pendek," ucapnya, Senin, 14 Maret 2022.

Dia menerangkan, untuk mewujudkan hal itu pemerintah provinsi, kabupaten dan perusahaan milik negara dapat saling bersinergis dalam merencanakan serta merealisasikan pembangunan pembangkit listrik lokal dan layanan internet bersifat portabel di daerah.

"Program seperti itu sifatnya sementara sembari menunggu pembangunan jaringan listrik yang terkoneksi secara permanen serta didirikannya tower pemancar jaringan telekomunikasi dan internet," ujarnya.

Di sisi lain, ia juga meminta agar pemerintah dapat memperhatikan jalur transportasi menuju wilayah pelosok, terlebih yang masih menggunakan jalur sungai atau kapal kecil. Maksudnya, pemerintah bisa memberikan perhatian kepada penyedia jasa penyewaan kapal dan bantuan alat keselamatan.

"Sembari menunggu adanya anggaran besar yang dapat direalisasikan untuk memperbaiki atau membuat akses jalan darat yang lebih memadai, itu bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi sungai," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru