Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Lontarkan Ide Pengembangan Sawit Milik Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Maret 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melontarkan ide pengembangan tanaman sawit bagi masyarakat atau petani untuk mengisi kebutuhan minyak sawit yang semakin meningkat.

Pengembangan sawit yang dimaksud Bupati untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum digarap secara maksimal. Dengan demikian tanaman karet yang merupakan komoditas pertanian utama di Barito Timur selama ini tetap dipertahankan.

“Saya memiliki pemikiran setiap kepala keluarga di Barito Timur yang memiliki lahan menanam 1  hektare kelapa sawit. Nanti bibitnya di bantu Pemerintah Daerah melalui dinas terkait,” kata Bupati di Tamiang Layang, Selasa, 15 Maret 2022.

Dia menjelaskan, ke depan sawit akan banyak diperlukan sebagai bahan baku energi terbarukan, salah satunya adalah biodiesel.

”Saat ini 30 persen bahan biodiesel dari kelapa sawit. Selanjutnya akan dikembangkan menjadi 50 persen,” terang Ampera. Bahkan lanjut dia, Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempataan meminta bahan biodesel 100 persen dari kelapa sawit.

“Prospek kedepanya kelapa sawit ini baik karena digunakan untuk bahan membuat energi terbarukan. Kalau menjadi bahan energi terbarukan itu artinya kelapa sawit dibutuhkan terus. Mudah-mudahan ide saya ini bisa dilaksanakan,” imbuhnya.

Sebelum minyak sawit dimanfaatkan sebagai bahan biodiesel, sejak minyak sawit menjadi minyak utama untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia bahkan untuk pasar ekspor. Selain untuk minyak goreng dan biodiesel, minyak sawit juga sering digunakan untuk pembuatan margarin, kosmetik, campuran cat hingga bahan pelumas. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru