Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemerintah Perhatikan Secara Berkelanjutan Pengembangan UMKM Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Maret 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sudarsono meminta kepada pemerintah di provinsi ini supaya dapat memperhatikan secara berkelanjutan pengembangan UMKM masyarakat.

Dia menilai, para pelaku UMKM yang ada di Kalteng ini mampu dalam memproduksi beragam SDA menjadi produk siap jual, seperti halnya beragam makanan jajanan, produk mebel dari rotan serta jamu tradisional dan lain sebagainya.

"Namun, produk UMKM yang dihasilkan itu masih terbatas, oleh karenanya pemerintah perlu memberikan perhatian agar bisa berkembang dan menghasilkan produk yang lebih banyak lagi," ucapnya, Rabu, 16 Maret 2022.

Dia mengatakan di Kalteng sendiri terdapat banyak UMKM yang sudah mampu memproduksi produk-produk siap jual, contohnya ramuan obat tradisional menjadi jamu, sayuran kelakai menjadi cemilan kripik dan kursi dari rotan dan lain-lain.

Akan tetapi, dalam memproduksinya para pelaku UMKM itu hanya berskala rumahan sehingga produk yang dihasilkan menjadi terbatas. Hal inilah yang perlu dipikirkan pemerintah supaya dapat mendukung pengembangannya, sebab dari nilai produk yang dihasilkan UMKM ini tergolong cukup baik dan mampu bersaing.

"Dukungan dari pemerintah sangat diperlukan oleh para pelaku usaha ini, karena akan memberikan dampak positif baik dari segi peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat dan juga PAD," tuturnya.

Dia mengungkapkan, dari beberapa aspirasi pelaku UMKM menyampaikan, bahwa dukungan yang diberikan belum secara berkelanjutan. Selain itu, prosedur untuk mendapatkan bantuan berupa modal usaha maupun alat produksi dinilai masih ribet. Alhasil, banyak produk UMKM rumahan lambat untuk berkembang.

Padahal menurutnya, keberadaan industri UMKM sangat memiliki peran dan memberikan dampak positif di sektor perekonomian dan serapan lapangan kerja, terlebih lagi Kalteng memiliki sumber daya manusia yang melimpah dengan sumber daya alam yang dapat dikelola secara bersama-sama.

"Maka dari itu, harapan kita pemerintah dapat memperhatikan dan memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap pelaku UMKM di Kalteng, dengan demikian kedepan akan berdampak pada persaingan industri UMKM secara positif. Terlebih setiap produksi dari UMKM dengan produk sejenis, tentu memiliki ciri khasnya dan menambah kekayaan citra rasa produksi lokal," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru