Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Tewah Pupuh Bikin Demplot Jagung Manis dan Jagung Ketan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Maret 2022 - 12:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Tewah Pupuh di Kabupaten Barito Timur membuat Demplot atau lahan percontohan pengembangan tanaman hortikultura seperti jagung manis dan jagung ketan.

"Demplot jagung ini kami buat di lahan milik desa di RT 03 dengan luas seperempat hektare," ungkap Kades Tewah, Pupuh Ardianto, Jumat 18 Maret 2022.

Dia menjelaskan pembuatan Demplot jagung untuk memberikan contoh kepada masyarakat Desa Tewah Pupuh tentang cara budidaya jagung manis dan jagung ketan yang baik sehingga masyarakat tidak hanya bergantung kepada komoditas pertanian tertentu saja.

"Kalau budidaya hortikultura seperti ini kan selain untuk dijual bisa juga untuk memeriksa kebutuhan bahan pangan di dalam keluarga," jelasnya.

Pembuatan demplot jagung yang kini berumur 1,5 bulan tersebut dilakukan dengan pendampingan penyuluh pertanian dari Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Benua Lima.

"Penganggarannya dari berasal dari anggaran pengelolaan dan pemanfaatan lahan pekarangan yang bersumber dari dana desa tahun 2022," terangnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru