Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Sekda Kalteng Dorong Kabupaten Kota Selesaikan Penyusunan RAD PKSB

  • Oleh Nopri
  • 18 Maret 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pj Sekda Kalteng Nuryakin, mendorong pemerintah kabupaten dan kota yang belum menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD PKSB) untuk segera diselesaikan.

Hal itu disampaikan saat membuka secara resmi Rapat Tim Pendataan dan Pemetaan Perkebunan Kelapa Sawit Terindikasi Dalam Kawasan Hutan, di Aquarius Boutique Hotel.

Ia menjelaskan, penyusunan RAD PKSB harus mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2019 serta Peraturan Gubernur Kalteng Nomor 53 Tahun 2020 tentang RAD PKSB, dengan mekanisme penyusunannya menyesuaikan panduan Kementerian Dalam Negeri.

"Kami meminta kepala dinas terkait di kabupaten dan kota yang menangani perkebunan, agar lebih untuk pro aktif lagi dalam kegiatan pendataan dan pemetaan lahan sawit pekebun yang masih terindikasi berada dalam kawasan hutan," katanya, Jumat, 18 Maret 2022.

Ia menyampaikan, untuk pembangunan kelapa sawit yang berkelanjutan, maka perlu adanya dukungan penyelesaian permasalahan terkait legalitas lahan, dan produktivitas.

"Membangun sinergi antarlembaga terutama, perusahaan besar swasta dengan perkebunan swadaya melalui pola plasma maupun kemitraan lainnya juga merupakan hal yang harus dilakukan," tuturnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru