Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Akan Beri Pelatihan Buka Lahan Tanpa Bakar

  • Oleh Hendri
  • 24 Maret 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup akan mengadakan pelatihan buka lahan tanpa bakar (PLTB). Pelatihan ini akan dimulai di wilayah Kecamatan Jekan Raya.

"Rencana PLTB nanti kita selenggarakan akhir bulan ini di wilayah Jekan Raya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini, Kamis, 24 Maret 2022.

Pelatihan ini dalam upaya meminimalisasi pemanasan global dan meningkatkan pemahaman petani supaya tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Sehingga pengembangan usaha perkebunan lebih ramah lingkungan.

Menurutnya, pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan yang berskala regional, nasional maupun global baik dalam segi sosial maupun ekonomi.

"Kan kita tidak boleh hanya melarang tapi juga harus memberikan solusi. PLTB ini salah satunya. Yang familiar digunakan adalah mengolah biomassa yang ada di lahan menjadi kompos atau cuka kayu," jelasnya.


Beberapa materi yang diberikan nanti di antaranya adalah dampak, bahaya, dan kerugian dari pembakaran hutan dan lahan serta cara yang bisa dilakukan dan manfaat dari adanya PTLB.

"Nanti peserta mungkin dibatasi, tapi diharapkan berkontribusi maksimal menginformasikan dan mengedukasi kembali warga lainnya sehingga semua mempunyai pemahaman yang sama," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru