Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Kades Harus Bisa Kembangkan Jenis Usaha yang Tepat untuk Kemajuan Desa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Maret 2022 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala desa (kades) di Kabupaten Kotawaringin Timur diharuskan dapat mengembangkan jenis usaha yang tepat dan cocok di desa yang dipimpinnya.

"Setiap Kades harus bisa mengembangkan jenis usaha yang tepat di desa mereka. Sesuai karakteristik dan keperluan masyarakat pada umumnya," ujar Bupati Kotim, Halikinnor, Kamis, 24 Maret 2022.

Pesan ini diungkapkan Halikinnor, karena dia ingin dan sangat berharap agar desa memiliki pendapatan yang tinggi sehingga,bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, baik itu program pembangunan maupun, pembinaan sumber daya manusia.

"Saat ini tidak banyak desa yang memiliki badan usaha sendiri sehingga saya sangat mendorong kepala desa agar desa bisa mandiri," katanya.

Dia mengatakan kemandirian desa bukan hanya dilihat dari terpenuhinya sarana dan prasarana dasar di desa, namun juga terpenuhinya pelayanan kesehatan, pendidikan, serta penanggulangan kemiskinan.

"Jika seluruh desa sudah bisa memenuhi hal tersebut dengan baik, maka Kotim akan semakin maju ke depannya dan masyarakat semakin sejahtera," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru