Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Harap Komisi IV Dilibatkan Dalam Pengawasan Food Estate Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Maret 2022 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalangan DPRD Kalteng pada dasarnya mendukung penuh program strategis nasional (PSN) food estate yang ada di Kalteng.

Oleh karena itu, Legislator Kalteng, Tomy Irawan berharap, Komisi IV dapat dilibatkan secara langsung turut serta mengawasi program food estate tersebut, khususnya dalam pembangunan infrastruktur.

"Agar pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah dalam program itu di sejumlah daerah yang ada di Kalteng ini bisa saling bersinergi," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng ini, Jumat, 25 Maret 2022.

Terkait harapan itu, ia menginginkan pemerintah pusat melalui kementerian terkait supaya dapat mempertimbangkan hal tersebut, agar melibatkan Komisi IV DPRD Kalteng turut mengawasi pembangunan infrastruktur di kawasan food estate yang ada.

Di sisi lain, mengenai wacana pembukaan lahan baru untuk program itu, bisa dilakukan pengkajian lebih dalam oleh Pemprov Kalteng. Dalam artian, pihaknya menginginkan wacana itu nantinya melibatkan dan memberdayakan pengusaha atau tenaga kerja lokal.


"Untuk membuka lahan baru ini kan membutuhkan tenaga kerja yang memadai, jadi pemprov harus dapat mengembangkan SDM lokal yang ada. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali balai latihan kerja di bidang pertanian. Sehingga, dengan pelatihan yang diberikan nantinya SDM lokal kita bisa lebih mengenali bidang pertanian, dan bisa dipekerjakan disana," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru