Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislatif Semua Tingkatan Perlu Dilibatkan dalam Musrenbang, Ini Alasannya

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Maret 2022 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengatakan anggota legislatif disemua tingkatan baik DPD, DPR RI, DPRD provinsi, kabupaten atau Kota perlu dilibatkan dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

Kuwu menjelaskan jika pihak legislatif disemua tingkatan sesuai dengan dapilnya dilibatkan dalam musrenbang maka perencanaan pembangunan yang diajukan bisa diserap secara optimal dan dapat diperjuangkan.

"Saya rasa itu akan lebih efektif jika anggota legislatif seluruh tingkatan dilibatkan secara langsung dalam musrenbang. Jadi nantinya setiap usulan yang disampaikan bisa ditampung dan diperjuangkan sesuai ranahnya masing-masing," ucap Kuwu, Sabtu 26 Maret 2022.

Melibatkan jajaran legislatif dalam musrenbang tentu hal itu akan berdampak positif dalam upaya meningkatkan sinergitas antara masyarakat dengan eksekutif, dan legislatif sehingga legislatif bisa menjalankan fungsi pengawasan terhadap realisasi usulan pembangunan yang disampaikan.

"Pada intinya melibatkan legislatif disetiap tingkatan dalam musrenbang itu akan memudahkan dalam menyerap aspirasi. Contoh yang menjadi ranah nasional atau provinsi bisa langsung diserap dan disampaikan ke pemerintah terkait, begitu juga dengan kabupaten atau kota," tuturnya.

Semisalnya ketika ada kegiatan musrenbang tingkat kabupaten atau kota dan itu hanya melibatkan anggota legislatif ditingkat itu saja, maka usulan yang menjadi ranah provinsi maupun nasional akan memerlukan waktu untuk disampaikan. Maka dari itu akan lebih efektif jika semuanya dilibatkan.

"Pada dasarnya yang diinginkan masyarakat itu semua usulan bisa secepatnya direalisasi. Jadi ketika ada kegiatan musrenbang ada baiknya jajaran legislatif semua tingkatan dilibatkan, sehingga aspirasi yang disampaikan masyarakat bisa langsung kita serap, karena ini sama saja halnya seperti kita melaksanakan reses," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru