Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diharapkan Mampu Ciptakan SDM Bidang Pertanian Profesioanal

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Maret 2022 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng hingga saat ini tengah gencar mencanangkan berbagai program khususnya di bidang pertanian, dengan itu diharapkan Kalteng bisa menjadi lumbung pangan nasional bahkan sebagai penopang IKN Nusantara di Kaltim.

Dalam upaya mendukung program disektor pertanian tersebut, Anggota DPRD Kalteng, Andina Theresia Narang berharap pemda mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) bidang pertanian profesional yang siap bekerja nantinya.

"Karena, agar program itu bisa berjalan lancar dan maksimal tentu memerlukan SDM yang memadai, terutama mereka yang menguasai bidang pertanian. Jadi pemda harus mampu menciptakan SDM profesional pada bidangnya sebanyak mungkin," ujarnya, Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia menjelaskan pemda harus bisa menyiapkan SDM handal sejak dini, sehingga kedepan pembangunan sektor pertanian bisa berjalan lancar serta optimal dan apa yang telah menjadi tujuan itu dapat terwujud sesuai harapan.

Jadi, untuk menyiapkan SDM handal dan profesional di bidang pertanian pemda dapat mendorong peningkatan pendidikan untuk tingkat atas khususnya SMK, dengan membekali siswa tentang kompetensi pengetahuan, keilmuan, dan keterampilan mengenai pengembangan dan teknologi pertanian.

Sekolah yang memiliki jurusan bidang pertanian juga diharapkan supaya dapat menerapkan sistem pendidikan dengan disiplin tinggi agar setiap lulusan setiap tahunnya mampu bersaing terutama terkait pengetahuan pada sektor pertanian.

"Saat ini peluang itu sangat besar, sebab Kalteng sendiri tengah gencar-gencarnya membangun sektor pertanian dan harapan kita setiap lulusan sekolah tingkat atas khususnya SMK bisa memiliki kopetensi serta siap bekerja di sektor pertanian," pugkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru