Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekad Pagar Nusa Dukung Pencak Silat Masuk Olimpiade

  • Oleh ANTARA
  • 26 Maret 2022 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sebagai salah satu anggota dari Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Pagar Nusa terus mendukung upaya pemerintah agar olahraga bela diri asli Indonesia bisa dipertandingkan di Olimpiade.

Upaya tersebut ditunjukkan dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan. Salah satunya dengan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Festival IV Pagar Nusa yang bergulir di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, 25-27 Maret.

Lebih dari 400 atlet dari berbagai daerah turut serta dalam ajang yang resmi dibuka, Jumat (25/3). Di antaranya berasal dari Bali, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Sulawesi Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, Papua, Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Seperti diketahui, pencak silat adalah satu dari 14 cabang olahraga yang masuk dalam prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa, Senin (25/3), menyampaikan apresiasi kepada Pagar Nusa atas dedikasi dan kontribusi terhadap pencak silat.

"Pagar Nusa adalah perguruan pencak silat yang sudah lama berkiprah dan banyak berkontribusi melahirkan atlet-atlet berprestasi baik secara nasional, regional, maupun internasional. Pemerintah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua jajaran pengurus atas upaya dan ikhtiar yang telah dilakukan," kata Amali.

Dia pun berharap, adanya Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa dapat dimanfaatkan dengan baik oleh atlet, pelatih, dan pembina untuk menunjukkan prestasi terbaik.

"Karena selain masuk cabang prioritas DBON, pencak silat juga dipersiapkan untuk dipertandingkan apabila nanti Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah multievent internasional Olimpiade," kata Amali.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Umum PB IPSI, Muhammad Siddiq yang menyebut Pagar Nusa adalah bagian yang terpisahkan dari perkembangan pencak silat di Tanah Air.

"Kita harus bangga karena pencak silat sudah mendunia. IPSI menargetkan agar pencak silat dipertandingkan di Olimpiade. Tentu untuk mencapai tujuan tersebut harus dikerjakan secara bersama-sama. Saya percaya Pagar Nusa telah memiliki perwakilan di luar negeri dan itu menjadi bekal untuk terus mengembangkan pencak silat di dunia," ujar Siddiq yang secara simbolis memukul gong sebanyak sembilan kali sebagai pertanda di bukanya Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa.

Jaga warisan budaya

Sementara itu, Ketua Umum Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen, mengatakan Kejurnas dan Festival edisi keempat ini merupakan bagian untuk mengevaluasi persiapan atlet di masing-masing daerah.

"Karena atlet yang bertanding di Kejurnas kali ini merupakan hasil seleksi dari Kejurcab atau Kejurwil. Jadi ini merupakan ajang untuk evaluasi pembinaan di daerah masing-masing," kata Gus Nabil disela pembukaan Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa, Jumat (25/3).

Berita Terbaru