Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakar: Perguruan Tinggi Perlu Siapkan SDM Pariwisata Berkelanjutan

  • Oleh ANTARA
  • 27 Maret 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pakar Pariwisata dari University of the Incarnate Word San Antonio Texas Amerika Serikat meminta perguruan tinggi di Indonesia menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.

“Perilaku wisatawan setelah COVID-19 akan berbeda dengan sebelum adanya COVID-19. Perilaku wisatawan tersebut tidak akan sama dengan perilaku sebelumnya,” ujar Pakar Pariwisata dari University of the Incarnate Word San Antonio Texas Amerika Serikat, Prof Halimin Herjanto. dalam webinar internasional Rebuilding Indonesia Sustainable Tourism for The Future yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti di Jakarta, Sabtu.

Pariwisata berkelanjutan mengacu pada pengembangan pariwisata yang menyadari situasi ekonomi saat ini dan masa depan, dampak lingkungan menjadi hal yang sensitif bagi wisatawan, industri lingkungan, dan juga komunitas tuan rumah.

Pariwisata berkelanjutan tersebut membawa dampak positif bagi perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja, wisatawan mendapatkan pengalaman yang otentik, mencegah pemindahan masyarakat setempat dan membuat tujuan wisata itu nyaman untuk ditinggali dan dikunjungi, dan mempersiapkan tujuan untuk masa depan.

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, mengatakan webinar internasional tersebut sangat penting dilakukan untuk pengembangan pengetahuan pada bidang pariwisata di Tanah Air.

“Seminar ini merupakan kontribusi nyata STP Trisakti dalam pengembangan pariwisata di Tanah Air. Seminar ini merupakan kolaborasi bersama antara perguruan tinggi, pemerintah, industri, dan banyak pihak. Seminar ini sangat penting tidak hanya bagi kami, akan tetapi pada pengembangan pengetahuan pariwisata,” kata Fetty.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan pemerintah memiliki komitmen dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Pengembangan pariwisata berkelanjutan merupakan solusi dalam upaya meningkatkan perekonomian sekaligus menjaga kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Pemerintah sendiri, lanjut dia, telah mempunyai program desa wisata yang merupakan bagian dari pengembangan pariwisata berkelanjutan.

“Melalui seminar ini, kami berharap akan ada ide dan inisiatif cemerlang dari para pemangku kepentingan untuk memberikan solusi terkait berbagai permasalahan pariwisata secara global, serta kontribusi dan peran dalam menangani masalah itu,” harap Sandiaga.

ANTARA

Berita Terbaru