Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persiapan Pembangunan Shrimp Estate, Dislutkan Kalteng Kaji Banding ke Jawa Timur

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Maret 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka persiapan pembangunan shrimp estate atau tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara dan millenial shrimp estate di UPT Perikanan Budi Daya Air Payau Ujung Pandaran, Kabupaten Kotim, Dislutkan Kalteng melakukan kunjungan kerja atau kaji banding ke Pabrik Pakan Ikan PT Central Proteina (CP) Prima di Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah mengatakan, dalam kaji banding yang dillakukan pihaknya itu telah dibahas mengenai percepatan pembangunan dan pengelolaan kawasan shrimp estate dan millennial shrimp estate yang segera direalisasikan pembangunannya pada tahun ini.

"Di sana kita membahas berbagai macam hal. Terkait itu juga kita direkomendasikan membuat kolam dengan teknik kolam bundar tipe diameter 16," ungkapnya, Minggu, 27 Maret 2022.

"Selanjutnya, kita juga ada membahas mengenai perhitungan tandon dan bak treatment air yang akan digunakan serta besaran IPAL yang akan dibuat untuk membangun kolam budidaya dengan diameter 16 sebanyak 10 unit," tambahnya.

Selain itu, hal lain yang dibahas juga yakni mengenai saluran air yang masuk dari laut menuju ke saluran tandon, jenis pompa, besaran pipa dan kincir yang digunakan, daya listrik yang diperlukan, serta peralatan lainnya.

Tidak berhenti disitu, pembahasan pun berlanjut yaitu tentang analisa produksi dan analisa penjualan, sebab proyeksi Break Event Point (BEP) dari millennial shrimp estate ini cukup bagus, yakni sekitar 2 sampai 3 tahun sehingga dapat diterapkan di UPT PBAP Ujung Pandaran.

"Banyak hal yang kami pelajari di sana. Kadang kala, perhitungan yang salah dapat terjadi dalam pembangunan kolam. Tapi untuk tandon dan bak treatment bisa mengakibatkan hal itu malah tidak bermanfaat, sehingga tidak efektif dan efisien dalam penggunaannya, bahkan dapat mengakibatkan pembangunan kembali jika perhitungannya diabaikan. Hal-hal semacam ini yang harus kita hindari," jelasnya.

Kemudian, mengenai pembangunan shrimp estate di Kabupaten Sukamara, dibahas juga secara bersama cara pengelolaan dan langkah-langkah yang harus ditempuh saat pembangunan tambak udang vaname yang akan dimulai pada bulan April mendatang itu.

Adapun beberapa poin yang direkomendasikan antara lain, segera membuat struktur shrimp estate sehingga pada waktu pembangunan nanti akan berdampak baik pada struktur bangunannya.

Darliansjah berharap, dengan adanya bantuan tenaga teknis dari PT CP Prima Sidoarjo yang akan ditempatkan di lokasi shrimp estate itu, nantinya dapat memberikan gambaran dan analisa pada pihak yang mengerjakan pembangunan, sehingga tidak menyalahi aturan dan tepat sasaran.

Berita Terbaru