Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades di Kotim Diimbau Kembangkan Pertanian untuk Pendapatan Desa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Maret 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diimbau agar dapat memanfaatkan lahan tidur di wilayahnya untuk lahan pertanian sehingga bisa menjadi pendapatan desa. 

"Kami mengimbau agar kepala desa mengembangkan pertanian. Baik itu memanfaatkan lahan tidur atau memfasilitasi masyarakatnya," Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kotim, Sutimin, Senin, 28 Maret 2022. 

Pesan ini diungkapkannya, karena sektor pertanian sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Bahkan jika dilakukan dengan serius, akan memberikan dampak positif untuk pendapatan desa. 

"Pertanian yang dikembangkan juga harus sesuai kultur tanah di desa dan untuk mengetahuinya bisa digelar bekerja sama dengan instansi terkait," katanya. 

Dia meminta agar menggelar pelatihan terhadap masyarakat terkait pengembangan pertanian. Paling tidak bisa memanfaatkan lahan pekarangan. 

"Daripada pekarangan hanya kosong, bisa dimanfaatkan untuk menanam cabai, tomat, atau sayuran lainnya. Paling tidak bisa digunakan untuk kebutuhan makan sehari-hari," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru