Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mei - Agustus 2022 Kalteng akan Masuki Awal Musim Kemarau

  • Oleh Nopri
  • 29 Maret 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau di Kalimantan Tengah akan terjadi pada bulan Mei hingga bulan Agustus 2022 mendatang.

"Diperkirakan awal kemarau akan terjadi pada bulan Mei hingga Agustus. Musim kemarau akan terjadi secara merata di bulan Agustus 2022," kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Metrologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Rahmat Alfandy, Senin 28 Maret 2022.

Walau kemarau tahun ini berada pada kondisi normal, namun ia tetap meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan di puncak musim kemarau.

Dia mengatakan hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kalteng saat ini masih dalam kategori rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan mengingat pada kemarau tahun ini diprediksi lebih kering dari 2020.

"Untuk itu saya minta kita harus tetap mewaspadai daerah-daerah yang masih rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Apalagi terhadap wilayah yang gambutnya masih cukup luas," ujarnya.

Selain itu dalam beberapa hari kedepan  sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Tengah masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi pada kemarau musim ini. Namun hanya satu dua kali dalam beberapa Minggu," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru