Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pariwisata di Kalteng Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Maret 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama kurang lebih dua tahun, pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tidak terkecuali Kalteng. Selama itu pula, berbagai sektor terdampak, terlebih adanya beberapa kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Namun, saat ini beberapa kebijakan itu sudah mulai dilonggarkan, termasuk pada sektor pariwisata. Hal itu dinilai sudah sangat baik, sehingga diharapakan sektor pariwisata di Kalteng mampu kembali meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga daerah.

"Tentu kita menyambut baik kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan aturan terhadap aktivitas masyarakat, termasuk juga pada sektor pariwisata. Diharapkan pelonggaran aturan ini akan berdampak positif terhadap geliat usaha pariwisata di Kalteng," ucap Anggota DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati, Selasa, 29 Maret 2022.

Dia mengatakan, untuk memanfaatkan peluang dari kebijakan pelonggaran aturan tersebut, pemerintah daerah di Kalteng melalui instansi terkait harus dapat mendorong para pelaku pariwisata agar bisa berbenah terutama terhadap penyediaan layanan protokol kesehatan.

Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana atau fasilitas penunjang dari objek wisata itu sendiri juga perlu dibenahi agar lebih layak. Sehingga, hal itu bisa memberikan dampak signifikan pada peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal, nasional, maupun internasional.

"Jika ingin objek wisata ramai dikunjungi, pemerintah dan pengelola harus bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Jadi, apa yang harus ditingkatan itu dibenahi baik fasilitas pendukung yang ada, jalan menuju objek wisata dan lain-lain," ujarnya.

Dirinya berharap, meski kebijakan aturan terhadap aktivitas masyarakat itu telah dilonggarkan pemerintah, masyarakat serta pelaku usaha pariwisata harus bisa tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, agar tidak ada kluster baru penyebaran Covid-19 di Kalteng. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru