Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Inginkan Ada Museum di Pulang Pisau

  • Oleh Asprianta
  • 31 Maret 2022 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Untuk menjaga situs cagar budaya yang memiliki histori yang tinggi akan Peninggalan-peninggalan bersejarah yang secara turun temurun diwariskan dan dilindungi serta menjadi Profil daerah setempat sehingga memunculkan karakteristik sebuah daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau Disbudpar berencana bangun museum di Bumi Handep Hapakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Bakhzar Efendi saat diwawancarai Rabu (30/03/2022).

"Kami berinisiasi adanya Permuseuman di kabupaten Pulang Pisau, Hal ini dikarenakan banyak peninggalan peninggalan sejarah yang berada di kabupaten ini, akan tetapi untuk saat ini barang tersebut, sebagian sudah tidak lagi berada di kabupaten pulang pisau,sebagian ada di museum balangan,sebagian lagi telah dimiliki oleh kolektor barang antik," ucapnya.

Ia mengungkapkan Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya disosialisasikan oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM).

"Diharapkan Pulang Pisau bisa memiliki museum sendiri,apakah ini melalui pihak pemerintah maupun pihak swasta melalui CSR demi menjaga cagar budaya tersebut," katanya.

Ia juga berharap dengan Berdirinya sebuah museum di kabupaten Pulang Pisau selain tempat berkumpul barang-barang bersejarah milik masyarakat pulang pisau, juga menjadi profil kebanggaan yang bisa dikenalkan ke generasi penerus bangsa,selain itu juga menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang ingin mengenal kearifan lokal masyarakat asli Pulang Pisau.

Dengan adanya museum nantinya informasi-informasi tentang pulang pisau bisa dapat kita ketahui bahkan kita akan ajak ormas-ormas yang bersentuhan dengan kebudayaan asli untuk sama-sama membangun museum di kota Pulang Pisau ini.

"Jadi sesuai dengan tupoksi kami sebagai Dinas Budaya dan Pariwisata akan menjaga kebudayaan dari hasil peninggalan leluhur kita dari kebudayaannya sampai peninggalan sejarahnya,dan bisa dijadikan tempat berkunjung untuk mengenal peninggalan sejarah kabupaten handep hapakat ini," tambahnya. (ang)

Berita Terbaru