Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Penimbunan Sembako Jelang Ramadan, Polres Kotim Sidak Pasar dan Distributor

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2022 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mengantisipasi adanya penimbunan bahan kebutuhan pokok di pasaran, jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit dan sejumlah distributor. 

"Kegiatan hari ini kami lakukan untuk melihat harga, stok, dan distribusi sembako di wilayah Kotim. Agar pada saat Ramadan bisa berjalan dengan baik dan tidak mengalami peningkatan harga yang signifikan," ujar Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Kamis, 31 Maret 2022. 

Dari hasil sidak yang mereka laksanakan, untuk harga kebutuhan pokok relatif stabil. Begitu juga dengan ketersediaan dan distribusi barang dari daerah pemasok juga aman, tidak ada kendala.

"Yang kami antisipasi adanya oknum yang melakukan penimbunan, dan memanfaatkannya pada saat jelan lebaran nanti. Dengan menaikan harga jual, demi keuntungan," kata Sarpani. 

Pihaknyapun menekankan kepada para pedagang agar menjual komoditi sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Jangan sampai ada monopoli harga. 

Selain itu, untuk para agen, pihaknya meminta agar menjual dengan batasan tertentu kepada para pedagang. Hal itu dilakukan, sebagai langkah untuk menghindari terjadinya penimbunan. 

"Jika suplai dibatasi dengan waktu tertentu, maka penimbunan sembako dapat diminimalisir nantinya. Sehingga, oknum-oknum tidak bisa bermain harga demi keuntungan pribadi dan merugikan masyarakat," terang Sarpani. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru