Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Bersiap Antisipasi Karhutla di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Maret 2022 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Tim gabungan melakukan kesiapan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Kotawaringn Barat (Kobar). Kesiapan itu ditandai dengan apel kesiapan pasukan, sarana dan prasarana (Sarpras) berikut simulasi di halaman Sport Center Pangkalan Bun, Kamis, 31 Maret 2022.

Kapolres Kotawaringin Barat, AKBP Bayu Wicaksono, memimpin langsung kegiatan apel tim gabungan penanggulangan Karhutla di wilayah setempat. Turut hadir PJU Polres Kobar, pasukan apel dari Personel Polres Kobar, Damkar, Tagana, Satpol PP, Manggala Agni dan Balakar. Kegiatan berjalan lancar dan tetap dengan menjaga jarak atau physical distancing.

AKBP Bayu Wicaksono dalam amanatnya mengatakan, apel ini dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau. Mengingat, beberapa hari terakhir khususnya wilayah Kotawaringin Barat, curah hujan sudah mulai mengalami penurunan.

"Tentu ini kita harus siap siaga, sebab beberapa hari terakhir di wilayah Kobar ini cukup terik. Sehingga membuat lahan itu kering dan berpotensi terjadi kebakaran," ujarnya.

Selanjutnya, bercermin pada kasus Karhutla di tahun 2015, kabut asap kala itu cukup tebal. Di wilayah Kobar, saat itu kasus kebakaran juga cukup luas.

Ia menjelaskan, dampak dari kabut asap ini bermacam-macam. Antara lain, penyakit ISPA, mengganggu kegiatan belajar mengajar, aktivitas sehari-hari dan masih banyak lagi.

"Tentu kami juga mengimbau kepada masyarakat Kobar, jangan membuka lahan dengan cara dibakar," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru