Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Promosi Produk UMKM ke Pasar Internasional Perlukan Dukungan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 April 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Promosi produk UMKM Indonesia, terutama yang di daerah-daerah untuk dapat menuju pasar internasional memerlukan dukungan. Hal ini disampaikan Founder Goorita, Yuwono Wicaksono saat menjadi salah seorang pembicara dalam kegiatan Diseminasi Perkembangan Perekonomian Terkini Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema UMKM Naik Kelas, Siap Menuju Pasar Global, secara virtual pada Kamis, 31 Maret 2022.

"Goorita sendiri selama ini telah membantu mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia ke pasar internasional melalui jalur marketplace enabler, Goorita shop, maupun social media," kata Yuwono dalam paparannya.

Secara khusus, lanjutnya, Goorita juga membantu mempromosikan produk UMKM bekerjasama dengan para diaspora Indonesia yang ada di luar negeri.

Yuwono mengklasifikasikan UMKM pada 4 tahapan yaitu pertama UMKM Potensial, kedua UMKM Sukses, ketiga UMKM Digital dan keempat UMKM Ekspor.

"UMKM dapat didorong menjadi UMKM Ekspor jika telah melalui tahap pertama hingga ketiga," tuturnya.

Sementara itu, lanjutnya, apabila UMKM tersebut masih tergolong UMKM Potensial dan UMKM Sukses, maka UMKM agar memfokuskan pemasaran produk secara lokal terlebih dahulu sambil memperbaiki kualitas, kapasitas produksi, kelengkapan perizinan, termasuk pencatatan laporan keuangan hasil usaha.

Kegiatan Diseminasi Ekonomi Kalimantan Tengah Periode Februari 2022 turut menghadirkan narasumber dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Tengah, serta Founder Goorita yang merupakan start-up yang membantu UMKM untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), perbankan, akademisi, pelaku usaha, media massa dan mahasiswa di Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru