Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MER-C Indonesia Komitmen Lanjutkan Program Bantuan bagi Afghanistan

  • Oleh ANTARA
  • 03 April 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Organisasi medis dan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berkomitmen untuk terus melanjutkan program bantuan untuk menangani situasi di Afghanistan.

Untuk itu MER-C telah mengirim suatu tim aju dalam rangka memetakan isu kesehatan yang saat ini terjadi di Afghanistan, menyalurkan bantuan awal amanah dari masyarakat Indonesia dan mencanangkan program lanjutan MER-C bagi Afghanistan.

Tim Aju MER-C untuk Afghanistan telah kembali ke tanah air usai bertugas selama kurang lebih satu pekan, yakni pada 20–26 Maret 2022, di wilayah yang tengah dilanda krisis kemanusiaan tersebut.

Tim misi kemanusiaan RI di Kabul dari Kementerian Luar Negeri RI memfasilitasi tim MER-C untuk menemui tokoh-tokoh kunci Afghanistan seperti Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Habibullah Akhundzada dan beberapa direktur rumah sakit di Afghanistan.

Tim MER-C juga mengunjungi klinik Indonesia yang didedikasikan kepada masyarakat Afghanistan melalui program Indonesian-Afghanistan Friendship yang berada di distrik Ahmad Shah Baba Mina, sekitar 20 kilometer dari kota Kabul.

"Dalam kunjungan tersebut bisa kami sampaikan bahwa Afghanistan dalam perjalanannya yang sangat panjang, sekali lagi masuk dalam krisis kemanusiaan dan krisis kesehatan," kata MER-C dalam keterangannya.

Menurut pihak MER-C, masyarakat Afghanistan saat ini menghadapi masalah seperti, malnutrisi, stunting, ketergantungan obat yang diperparah dengan jumlah persediaan medis yang semakin menipis.

Krisis di Afghanistan itu juga tidak terlepas dari permasalahan keuangan di mana bantuan internasional saat ini dibekukan sehingga para tenaga kesehatan sudah tidak menerima gaji selama tujuh bulan.

"Oleh karena itu, kami MER-C Indonesia mengajak simpul-simpul masyarakat madani untuk mengarahkan pandangan dan memberikan perhatian kepada Afghanistan. Mari kita bersama-sama, bahu-membahu kembali untuk membantu masyarakat Afghanistan melalui krisis kemanusiaan ini," kata lembaga kemanusiaan itu dalam keterangannya.

MER-C Indonesia berkomitmen untuk menyiapkan dan memberikan bantuan lebih lanjut baik berupa pengiriman tim relawan medis, obat-obatan, bantuan untuk pembangunan kapasitas serta bantuan lain yang diperlukan oleh masyarakat Afghanistan.

ANTARA

Berita Terbaru