Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Gunung Mas Gelar Lomba Menulis Cerita Rakyat Daerah, Perhatikan Ketentuannya

  • Oleh Riska Yulyana
  • 03 April 2022 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) membuka pendaftaran Lomba Menulis Cerita Rakyat atau legenda tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2022.

"Ketentuan lomba yang pertama yakni peserta merupakan masyarakat Kabupaten Gunung Mas dari berbagai kalangan, profesi, dan tanpa batasan usia," ujar Kepala Disbudpar Kabupaten Gunung Mas Eigh Manto, Minggu 3 April 2022.

Selanjutnya yakni peserta lomba tidak dipungut biaya apa pun atau gratis dan pendaftaran peserta dimulai tanggal 01 April sampai dengan 10 Juni 2022.

Peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah cerita rakyat atau legenda egenda yang berasal dari daerah atau budaya lokal di Kabupaten Gunung Mas yang mengandung nilai perjuangan atau kepahlawanan, ketokohan, dan kearifan lokal.

Lalu, naskah merupakan ciptaan sendiri, bukan saduran,dan terjemahan. Hal ini harus dibuktikan dengan Surat Pernyataan Keaslian Karya.

Selain itu, peserta wajib melampirkan beberapa hal di lembar terakhir naskah cerita seperti melampirkan 'surat pernyataan keaslian karya' di atas materai Rp10.000 yang diunduh di tautan  (https://drive.google.com/drive/folders/1ohw7SvzpkLwtYlol5ffB0a4TQBPiskRO). Lalu melampirkan identitas diri yang masih berlaku seperti KTP atau KK atau SIM. Selanjutnya melampirkan biodata peserta yang dapat diunduh di tautan.

Selain itu peserta wajib mencantumkan narasumber cerita berupa nama atau identitas diri narasumber (bila menggunakan narasumber).

Naskah beserta lampiran dikumpulkan dalam bentuk hardcopy dan dijilid sebanyak empat rangkap asli ke panitia Lomba Menulis Cerita Rakyat Kabupaten Gunung Mas yang ada di kantor Disbudpar Kabupaten Gumas di Jl. Pangeran Diponegoro Kuala Kurun.

Selanjutnya, peserta wajib pula mengumpulkan naskah softcopy dengan format Microsoft Word yang dikirim melalui email [email protected] atau melalui WA Panitia (Adi Gunardi: 0813-2000-0504 atau Ade Diana Punky: 0822-5031-2615).

Seluruh naskah peserta yang telah dikirimkan ke Panitia Lomba Menulis Cerita Rakyat Daerah Kabupaten Gunung Mas menjadi Hak Milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Mas.

Perlu diingat, peserta tidak diperkenankan menulis kembali Cerita Rakyat yang sudah pernah menang pada Lomba Menulis Cerita Rakyat Kabupaten Gunung Mas sebelumnya yaitu dengan judul Legenda Danau Dai oleh Nanik Kartika, Asal Usul Riam Suran dan Riam Aho oleh Hermin Ganti, Legenda Rangan Sambon oleh Dicky Wahyudi, Legenda Gua Haramaung oleh Aida Mantuh, Legenda Batu Bawui oleh Tony Siantury dan Kisah di Balik Bukit Bajai oleh Cenitio.

"Batas akhir pengumpulan naskah cerita sampai dengan 10 Juni 2022 dan pengumuman pemenang lomba pada 20 Juni 2022," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru