Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Diminta Jadikan Landasan Akhlak Sebagai Penuntun Utama Dalam Menjalankan Tugas

  • Oleh Donny Damara
  • 03 April 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta kepada ASN di ruang lingkup pemprov supaya dapat menjadikan landasan akhlak sebagai penuntun utama dalam menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

Sugianto mengatakan, dengan memiliki landasan akhlak yang kokoh maka ASN itu, dimanapun tempat bertugasnya niscaya akan terhindar dari perbuatan tercela seperti halnya korupsi, suap, maupun pungutan liar (pungli).

"Akhlak ini merupakan tingkah laku seseorang yang didorong oleh keinginan secara sadar melakukan perbuatan baik. Hendaknya perilaku ini bisa dimiliki oleh seleuruh ASN yang ada di Kalteng," ujarnya.

Bukan tanpa alasan, pentingnya akhlak perlu dimiliki oleh setiap orang tak terkecuali ASN agar didalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat bisa berjalan baik dan maksimal serta penuh kejujuran.

Terlebih lagi di era reformasi birokrasi saat ini, perubahan harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten guna tercapainya perbaikan dalam segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Reformasi birokrasi merupakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dari aparatur negara, yang merupakan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Perubahan menuju birokrasi dinamis tentu tidak bisa diraih dengan cara-cara lama. Diperlukan perubahan fundamental pada pola pikir dan sikap mental ASN yang tadinya hierarkis, menjadi lebih lincah dan inovatif.

"Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa setiap ASN dimanapun bertugas, sudah seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama, sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional," pungkasnya. (DONNY D/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru