Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya : Kinerja ASN Jangan Kendor Saat Puasa

  • Oleh Hendri
  • 04 April 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak bermalas-malasan saat bekerja, baik itu yang berpuasa maupun tidak. Justru saat puasa Ramadan, etos kerja para ASN harusnya bisa meningkat dan pekerjaan bisa selesai lebih awal.

Ia mengatakan, pada bulan puasa Ramadan, jam kerja untuk para ASN dikurangi selama satu jam. Pengaturan jadwal kerja tentunya tetap diarahkan agar ASN bisa mengatur waktu dengan baik selama menjalankan ibadah puasa.

"Intinya, mengefektifkan waktu dan semua ASN wajib mematuhi aturan kerja selama puasa Ramadan dan tetap bekerja secara rajin jangan kendor. Ingatlah selalu bahwa kewajiban pelayanan masyarakat harus menjadi prioritas," katanya, Senin 4 April 2022.

Diketahui pada bulan Ramadan 2022 jam kerja ASN telah ditentukan pemerintah. ASN hanya akan bekerja sekitar 7 jam dalam satu hari. Hal ini tertuang dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Jam Kerja Pegawai ASN pada bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Pada lingkungan pemerintah yang memberlakukan 5 hari kerja, ASN hanya akan bekerja selama 7 jam dalam satu hari, yakni pukul 08.00-15.00. Durasi tersebut dikurangi waktu istirahat setengah jam dan berlaku pada hari Senin sampai Kamis.


Sementara, pada hari Jumat, ASN bekerja sejak pukul 08.00 hingga 15.30 dengan waktu istirahat hingga 1 jam, yakni pada pukul 11.30-12.30.

Sedangkan bagi instansi pemerintah yang menerapkan 6 hari kerja selama bulan Ramadan 2022 lebih pendek. ASN di lingkungan ini hanya diminta masuk sejak pukul 08.00-14.00 atau 6 jam dengan waktu istirahat setengah jam.

Aturan ini berlaku pada hari Senin hingga Kamis, serta hari Sabtu. Sementara, pada hari Jumat, jam kerja ASN di lingkungan ini tetap sama, yakni pukul 08.00-14.00 namun dengan waktu istirahat 1 jam. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru