Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng: Belum Ada UMKM Binaan Lakukan Ekspor Secara Langsung

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 April 2022 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins mengakui bahwa hingga saat ini belum ada UMKM binaan BI Kalteng yang melakukan ekspor secara langsung.

"Sampai saat ini UMKM binaan BI Kalteng belum ada yang melakukan ekspor secara langsung, baru ada yang ekspor melalui perantara. Namun demikian, kami memiliki cita-cita ke arah sana," kata Yura saat dikonfirmasi Borneonews pada Senin, 4 April 2022.

Yura menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk terus mendukung UMKM Kalteng bisa naik kelas dan menjangkau pasar internasional.

"Upaya yang kami lakukan sampai saat ini adalah terus meningkatkan kapabilitas perajin melalui pelatihan dan pendampingan sehingga kualitas produk yang dihasilkan terus berkembang dengan kuantitas yang stabil," jelasnya.

Pelatihan dimaksud menurut Yura tidak hanya membuat produk yang baik dengan desain yang up to date dan premium, namun juga bagaimana cara menjual, memasarkan barang dengan memanfaatkan teknologi informasi, media sosial dan e-commerce.

"Sehingga dari sisi penawaran dan permintaan mereka menjadi lebih siap," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru