Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPID Kalteng Gelar Rakor Pantauan Dampak Peningkatan Harga Komoditas Global

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 April 2022 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi bulanan terkait perkembangan inflasi di Kalimantan Tengah berdasarkan hasil rilis Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 1 April 2022 dan potensi perkembangan harga pada bulan puasa Ramadhan 1443 H pada Senin, 4 April 2022 di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagaimana diketahui pada Maret 2022 Kalimantan Tengah mengalami inflasi sebesar 0,80% (mtm) dengan Kota Palangka Raya tercatat inflasi sebesar 0,69% (mtm) dan Kota Sampit sebesar 0,97% (mtm).

"Inflasi periode Maret 2022 utamanya didorong oleh kenaikan harga bahan bakar rumah tangga yakni gas elpiji sesuai dengan ketetapan pemerintah pada akhir Februari dan berdampak signifikan pada inflasi Maret," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins.

Lebih lanjut, komoditas penyumbang inflasi pada kelompok administered prices lainnya adalah angkutan udara dan bahan bakar solar.

"Selanjutnya, berdasarkan data BPS Kalimantan Tengah, kelompok komoditas volatile food dalam 3 tahun terakhir selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri mengalami kenaikan sebesar 0,33% (mtm)," jelas Yura.

Untuk itu, lanjutnya, pada tanggal 29 Maret 2022, TPID se-Kalimantan Tengah telah menyelenggarakan High Level Meeting (HLM) TPID dalam rangka persiapan strategi pengendalian inflasi selama bulan puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1443 H. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru