Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 April 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan membentuk tim percepatan penurunan stunting atau TPPS periode 2022-2024 sekaligus penyusunan regulasi TPPS tingkat kecamatan dan desa, Selasa, 5 April 2022.

Pembentukan TPPS yang berlangsung di Aula Bappelitbang ini dibuka Sekda Katingan, Pransang didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Robertus Pamuriyanto dan Kepala Bappelitbang Junianto.

Dalam kesempatan ini, Sekda Katingan menuturkan, percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah pada saat ini.

Target yang telah ditetapkan dalam RPJMN 2020 - 2024 adalah menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024. Saat ini, terdapat 360 kabupaten atau kota di Indonesia yang menjadi lokasi prioritas pelaksanaan program TPPS itu.

"Pemerintah telah menetapkan 154 kabupaten dan kota sebagai lokasi prioritas baru salah satunya Kabupaten Katingan," ujar Sekda Katingan, Pransang.

Pransang mengatakan, stunting adalah sebuah kondisi gagal tumbuh di mana tinggi badan orang seusianya yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis sejak bayi, dalam kandungan hingga masa awal anak itu lahir.

Biasanya, kata Sekda, tampak setelah anak berusia dua tahun. Anak yang tumbuh dengan stunting akan mengalami masalah perkembangan kemampuan dalam memperoleh makna dan pengetahuan dari pengalaman serta informasi yang ia dapatkan dan aktivitas fisik dalam proses mental dan psikologi.

"Maka akan berdampak pada proporsi kualitas sumber daya manusia," sebut Sekda Pransang. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru