Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng Merespon Potensi Ekspor Bumi Tambun Bungai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 April 2022 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah sedang merespon tingginya potensi ekspor yang dimiliki provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" tersebut.

"Khusus untuk merespon potensi ekspor, kami tengah merancang program pelatihan menembus pasar ekspor, bagaimana prosedurnya, apa yang harus dipenuhi dan tips dan trik yang harus dimiliki bagi pelaku pemula," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Yura Djalins pada Selasa, 5 April 2022.

Program ini menurut Yura, bekerjasama dengan pihak-pihak yang kompeten dan praktisi yang mampu menjawab tantangan yang ada.

"Selain itu, dalam kondisi saat ini yang penuh keterbatasan, baik mobilitas maupun anggaran untuk melakukan pameran di luar negeri, kami bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di luar negeri yakni BI memiliki perwakilan di Singapura, Beijing, Tokyo, London dan New York dan Atase Perdagangan di luar negeri dengan mengirimkan produk UMKM Kalteng untuk turut dipamerkan di sana dan juga sebagai salah satu bentuk business matching," jelasnya.

Atase perdagangan sendiri ialah sebagai perwakilan kementerian perdagangan di luar negeri, dimana berfungsi sebagai lembaga perwakilan Indonesia secara diplomasi untuk mengurus perdagangan di tempat ia bertugas. Sedangkan ITPC maupun PPPI bertugas agar melakukan promosi pengembangan perdagangan Indonesia.

"Alhamdulillah pada Februari lalu, salah satu UMKM kerajinan rotan di Kabupaten Pulang Pisau berhasil menarik perhatian calon pembeli Jepang. Mereka saat ini tengah melakukan komunikasi untuk memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta calon pembeli," katanya.

"Kemudian, ada salah satu produk makanan kita yang telah menarik perhatian atase perdagangan dan KJRI Osaka. Yang ini masih kami koordinasikan lebih lanjut. Semoga dapat menarik perhatian masyarakat Jepang dan berlanjut ke kerjasama perdagangan yang lebih besar lagi," beber Yura lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru