Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesan Bupati Kobar Kepada Parpol Penerima Dana Hibah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 April 2022 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Laporan hasil pemeriksaan atas bantuan keuangan partai politik (Parpol) di kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2021, telah diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan penyerahan yang dilaksanakan pada Selasa, 5 April 2022 dan bertempat di aula Kantor Bupati, diterima langusng oleh Bupati Kobar Nurhidayah.

Bupati Nurhidayah berpesan agar partai politik menggunakan keuangan dari pemerintah dengan sebaik-baiknya sesuai peruntukannya.

"Bantuan keuangan tersebut bersumber dari APBD, maka setiap penggunaannya selain disesuaikan peruntukannya, juga yang harus diperhatikan adalah ketaatan atas laporan pertanggungjawabannya,” pesan Nurhidayah.

Disamping itu, atas nama pemerintah daerah, Nurhidayah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat, dalam kegiatan bantuan keuangan kepada partai politik di kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mulai dari tahap proses pengusulan hingga tahap proses pelaporan pertanggungjawaban keuangan.

Nurhidayah mengungkapkan, jika peran partai politik dewasa ini sangat signifikan dalam sistem politik karena menjadi poros penting dalam demokrasi.

"Partai politik tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat kedalam sistem politik," ungkapnya.

Bupati perempuan pertana di Kalteng ini juga menyampaikan, jika proses politik demokrasi tidak akan dapat berlangsung tanpa sumber keuangan dan tanpa dana yang memadai.

"Berdasarkan ketentuan yang berlaku, sumber keuangan partai politik salah satunya dari subsidi pemerintah yang bersumber dari APBN atau APBD, baik yang dialokasikan secara langsung maupun secara tidak langsung kepada partai politik," tuturnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru