Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ungkap Kondisi Ketersediaan Bahan Pangan di Gunung Mas Saat Ramadan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 06 April 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong beberkan bagaimana kondisi ketersediaan dan harga bahan pangan di pasaran di wilayah setempat.

"Menurut informasi di lapangan, untuk ketersediaan bahan-bahan pangan cukup sampai lebaran nanti. Sedangkan terkait harga ada sedikit kenaikan," ujarnya, Rabu 6 April 2022.

Sebelumnya Bupati Gunung Mas Jaya S Monong bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendatangi sejumlah toko dan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Gunung Mas untuk mengecek ketersediaan dan harga pangan di pasaran.

"Harapan kami para pedagang menjual barang dagangannya dengan harga yang standar, tidak boleh memainkan harga," tandasnya.

Pernyataan Jaya sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Hansli Kabupaten Gunung Mas Gonak beberapa waktu lalu.

Hansli menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan pihaknya di pasar pada 28 Maret 2022, ketersediaan stok dan harga bahan pangan di Kabupaten Gumas masih terkendali.

Meski demikian, ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga seperti daging ayam per kilonya sebelumnya Rp40 ribu namun saat ini hargaya menjadi Rp45 ribu per kilo. Sama halnya dengan cabai besar yang sebelumnya berharga Rp100 ribu per kilo saat ini disebutkan naik menjadi Rp120 ribu per kilo.

Sedangkan untuk harga minyak Goreng di wilayah Kabupaten Gunung Mas sekitar Rp23 ribu per liter. Dijelaskan, berbagai harga pangan tersebut terkadang harganya masih naik dan turun tergantung ketersediaan di pasaran.

Hansli Gonak juga menjelaskan terkait ketersediaan beras di Kabupaten Gunung Mas yang disebut masih cukup dan aman. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru