Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Infrastruktur, Pemko Palangka Raya Gunakan 2 Metode Ini

  • Oleh Hendri
  • 08 April 2022 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya, fokus pada peningkatan kualitas jalan dengan menggunakan metode CTRB (cemen treated recycling base) dan untuk sistem drainase mencoba metode U DITCH.

CTRB adalah teknik daur ulang pengerasan jalan untuk lapis pondasi yang memanfaatkan material agregat. Material mengandung aspal yang berasal dari garukan dicampur kembali lalu distabilkan dengan semen.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menerangkan, penggunaan metode CTRB, selain terkait kualitas yang bagus dan cepat, pertimbangannya juga mengingat kontur dasar tanah masih labil, maka diperlukan pondasi yang kuat.

Untuk drainase yang menggunakan metode U DITCH karena selain cepat dan tahan lama, bahu jalan tetap bisa dimanfaatkan dengan perawatan cenderung lebih mudah.

"Untuk perawatan, drainase tinggal di buka saja karena tidak menggunakan batu. Untuk jangka panjang bisa dijadikan untuk Utility Corridor atau untuk jalur kabel, dan pipa PDAM bawah tanah dan estetika kota pun menjadi rapi," katanya, Jumat 8 April 2022.

Fairid menambahkan, penggunaan teknologi untuk pengaspalan dan drainase itu juga telah digunakan di beberapa kota maju. Hasilnya, terbukti jauh lebih tahan lama, meski anggaran yang dikeluarkan lebih banyak dibanding metode biasa. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru