Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Rutan Kapuas Beri Wejangan Kepada Tahanan Baru

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 April 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petugas
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas telah memberikan wejangan dan menyampaikan tata tertib yang berlaku selama di Rutan kepada 32 tahanan baru.

Rutan Kuala Kapuas telah menerima 32  tahanan baru terdiri 21 orang dari Kejaksaan Negeri Kapuas, dan 11 orang dari Kejaksaan Negeri Pulang Pisau.

Tahanan tersebut merupakan tahanan yang telah memasuki tahap persidangan yang mana sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia bahwa selama pandemi Covid-19 jajaran pemasyarakatan hanya menerima tahanan yang sudah dilimpahkan ke pengadilan.

Kepala Subsie Pelayanan Tahanan, Wahyu Cahyadi memberikan wejangan kepada 32 tahanan baru tersebut. Ia menyampaikan peraturan dan tata tertib selama di Rutan Kuala Kapuas serta sanksi yang akan diberikan bila melanggar.

“Kami berikan pesan-pesan kepada mereka bahwa selain mengetahui tentang peraturan dan tata tertib di Rutan harus tahu dan paham mengenai apa saja hak dan kewajiban selama menjadi warga binaan di Rutan Kapuas," katanya, Sabtu 9 April 2022.

Setelah itu mereka mengisi surat pernyataan bahwa siap mematuhi tata tertib Rutan yang ditandatangani oleh tahanan itu sendiri.

Tak Hanya, Kasubsie Pelayanan Tahanan. Patrycia selaku petugas Kesehatan Rutan Kapuas juga ikut memberikan wejangan kepada para tahanan baru. Ia mengedukasikan tentang peduli kesehatan kepada para tahanan baru tersebut, ia juga menjelaskan alur layanan berobat di Klinik Barigas.

“Saya harap untuk para tahanan baru, untuk selalu menjaga diri, terutama peduli akan kesehatan diri," ujar Patrycia.

Selanjutnya, tahanan baru dimasukkan ke kamar khusus isolasi Covid-19 selama 14 hari. Selama di kamar isolasi, mereka akan didatangi perawat Rutan Kuala Kapuas untuk diperiksa kondisi kesehatannya bilamana ada keluhan yang dirasakan serta diberikan vitamin sebagai penambah daya tahan tubuh agar kebal terhadap virus dan penyakit lainnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru