Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peluang Sektor Pertanian Menjanjikan

  • Oleh Naco
  • 10 April 2022 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit – Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong masyarakat untuk mengembangkan pertanian karena peluangnya dinilai masih sangat besar.

Selain itu juga yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan pekarangan yang masih tersisa untuk ketahanan pangan keluarga.

"Sektor pertanian masih sangat menjanjikan karena permintaan masih sangat tinggi, sementara produksi belum sebanding, sebagian komoditas pertanian masih mengandalkan pasokan dari luar daerah untuk mencukupi permintaan pasar," katanya, Minggu 10 April 2022.

Saat ini banyak lahan telantar yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian agar menjadi produktif. Pemasarannya juga cukup mudah, karena permintaan pasar masih tinggi.  

“Kalau tidak bisa ditanam untuk tanaman pangan coba tanaman lain seperti tanaman Kelapa Sawit yang juga sekarang punya nilai ekonomi sangat menjanjikan dan masa depan yang baik untuk kehidupan,” tegasnya.

Maka dari itu dia mendorong pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian untuk memaksimalkan bantuan dan pembinaan terhadap petani. 

Bantuan seperti peralatan teknologi pertanian, bibit, pupuk dan pembinaan untuk peningkatan sumber daya manusia, masih dibutuhkan petani. 

Peningkatan pertanian tidak sekadar upaya menangkap peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan petani, tapi juga merupakan bagian mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan, khususnya di daerah. (NACO/B-6)

Berita Terbaru