Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tetap Aman dan Sehat Saat Beribadah di Bulan Ramadan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 April 2022 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan, meski masih berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Perayaan bulan suci Ramadan tahun ini sedikit berbeda, karena masyarakat dapat beribadah tanpa pembatasan dan diperbolehkan mudik.

Namun masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 agar saat beribadah tetap aman dan sehat.

Dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Pusat. Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib mengatakan, mencegah mafsadatan (kerusakan) lebih didahulukan daripada mengambil kemaslahatan.

Maka dalam konteks Ramadan ini dianjurkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) sekaligus mengikuti vaksinasi meskipun sedang puasa.

“Dalam Islam, menjaga diri maupun orang lain itu adalah kewajiban. Oleh karena itu prokes pada saat pelaksanaan ibadah itu harus tetap dilaksanakan sebaik-baiknya. Jika abai terhadap prokes, maka bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Penanggulangan Covid-19 merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa. Ada dua elemen penanggulangan Covid-19. Pertama, tanggung jawab yang bersifat kebangsaan dan kenegaraan yang merupakan tanggung jawab yang harus dipikul oleh pemerintah dan juga warga negara.

Kedua, tanggung jawab keagamaan. Agama memerintahkan kepada masing-masing umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan, dan menghindari segala sesuatu yang bersifat mafsadah (kerusakan). (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru