Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ujian Sekolah Tingkat SMP di Barito Timur Dimulai 9 Mei 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 April 2022 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Sabai mengungkapkan ujian sekolah tingkat SMP sederajat akan dimulai tanggal 9 Mei 2022. Ujian akan dilaksanakan selama 5 hari hingga 13 Mei 2022.

"Sebagian sekolah yang memiliki perangkat komputer lengkap akan melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer. Sedangkan sekolah yang belum memiliki perangkat komputer dan jaringan internet masih menggunakan kertas," ungkap Sabai saat diwawancarai di kantornya, Kamis 14 April 2022.

Setiap sekolah akan menyesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki saat melaksanakan ujian sekolah. Ujian akan dilaksanakan secara tatap muka dengan pembatasan jumlah peserta ujian di setiap kelas.

"Secara umum semua sekolah telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi ujian sekolah, mulai dari soal, pengawas ujian maupun ruangan yang akan digunakan," jelasnya.

Soal yang akan digunakan dalam ujian sekolah nanti sebagian disiapkan oleh tim di sekolah dan sebagian lagi disiapkan oleh tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

Dengan tidak adanya ujian nasional atau UN maka syarat kelulusan siswa pun berubah yakni menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap dan perilaku minimal baik serta mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

"Karena sekarang ujian nasional (UN) sudah ditiadakan, jadi penentuan kelulusan diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah dengan memperhatikan kriteria tadi dan nilai ujian sekolah," jelasnya.

Dia berharap seluruh orang tua atau wali siswa mengawasi anak-anak agar belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah nanti. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru