Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Adakan Safari Ramadan Virtual di Masjid Ar-Rahman Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 April 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemprov Kalimantan Tengah mengadakan safari Ramadan secara virtual di seluruh kabupaten/kota, Sabtu, 16 April 2022. Di Kabupaten Barito Timur kegiatan tersebut diadakan di Masjid Agung Ar-Rahman Tamiang Layang.

Hadir secara langsung dalam acara di Masjid Ar-Rahman tersebut, Bupati Barito Timur, Pabung Kodim 1012 Buntok, Kepala Kantor Kemenag Barito Timur, Kasi Bimas Islam, Kadis Kominfo, Kabag Kesra, Plt Kalaksa BPBD Damkar dan Camat Dusun Timur.

Safari Ramadan dimulai penyerahan cinderamata dari Gubernur Kalteng kepada pengurus masjid, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, kemudian laporan panitia, sambutan Kasi Bimas Kristen Kantor Kemenag Barito Timur, tauziah secara virtual dan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang disampaikan secara virtual oleh Wagub Edy Pratowo dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Saat membacakan sambutan Gubernur, Edy Pratowo mengatakan, atas nama Pemprov Kalteng, pribadi dan keluarga, Gubernur menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kepada saudara-saudaraku umat Islam di Kalimantan Tengah semoga ibadah di bulan suci ini membawa berkah kebahagiaan dan kedamaian, harapan serta kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucapannya.

Menurutnya, saat ini telah memasuki pertengahan bulan suci Ramadan, oleh karena itu dia mengajak umat Islam terus meningkatkan kualitas diri dan amal ibadah di sisa waktu yang ada dengan penuh khidmat dan khusuk sesuai dengan ketentuan ajaran agama guna mencapai titik derajat ketakwaan tertinggi di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan berbagai kelebihan. Terutama yang lebih besar bulan suci Ramadan ini juga merupakan bulan penuh keampunan sehingga menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas iman dan memperkuat ketakwaan," imbuhnya.

Edy juga mengajak untuk menimbulkan rasa cinta kepada keadilan dan kesamaan derajat umat manusia, memperbanyak amalan serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesama umat Muslim.

"Mari kita memantapkan iman dan takwa agar ibadah dalam bulan Ramadan dapat dilaksanakan secara sempurna, serta bersama-sama kita tunjukkan bahwa Kalimantan Tengah memiliki suasana kekeluargaan dan kebersamaan dalam semangat rumah betang demi terwujudnya Kalimantan Tengah berakhlak dan penuh keberkahan," ajaknya.

Terkait cuti bersama Idulfitri yang jatuh pada tanggal 29 April hingga 9 Mei 2022, Edy Pratowo mengatakan cuti tersebut dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga dan handai taulan. Namun dia menegaskan bahwa pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

"Karena itu saya mengimbau agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti vaksinasi sesuai dengan anjuran pemerintah," tegasnya.

Pada hari yang sama, Tim Safari Ramadan Pemprov Kalteng melakukan safari Ramadan di Kecamatan Patangkep Tutui, Paku, Raren Batuah dan Kecamatan Pematang Karau. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru