Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota : ASN Harus Punya Pola Pikir Sebagai Pelayan Masyarakat

  • Oleh Hendri
  • 20 April 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengingatkan pentingnya pemahaman seseorang yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Dia mengatakan, ASN harus mempunyai pola pikir bahwa tugasnya adalah sebagai pelayan masyarakat.

"Menjadi ASN harus paham soal tugas dan fungsinya dalam berbangsa dan bernegara ini bahwa dirinya adalah pelayan masyarakat bukan sebaliknya, pola pikir ini wajib dimiliki setiap ASN," kata Fairid, Rabu, 20 April 2022.

Dia mengungkapkan, menjadi seorang ASN masih menjadi mimpi banyak angkatan kerja di setiap daerah. Namun mimpi itu harus juga dibarengi dengan kesadaran moral bahwa ketika diangkat sebagai ASN tugasnya adalah pelayan.

Salah satu fungsi ASN adalah sebagai Pelayan Publik (Pasal 10 huruf b UU ASN) dan salah satu tugas ASN adalah memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas (Pasal 11 huruf b UU ASN).

"Dua pasal UU ASN ini sebaiknya secara sadar benar-benar direnungkan dan lebih penting lagi dipahami serta dilaksanakan dalam bertugas dimana pun lokasi unit kerja yang sudah dipilih," ujarnya.

Menurutnya, jika kesadaran tersebut sudah muncul di setiap ASN, maka harapan tentang integritas dan moralitas pegawai pemerintah yang semakin baik akan terwujud. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru