Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Ribu Pemudik Tinggalkan Kobar Melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 April 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejak memasuki bulan Ramadan 1443 H/2022 M hingga saat ini memasuki H - 7 lebaran, sebanyak 12 ribu pemudik telah meninggalkan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber menyampaikan, ada peningkatan signifikan penumpang jika dibandingkan dengan sebelum Ramadan, yakni sekitar 71 persen.

"Pada Bulan Maret sebelum Ramadan pergerakan penumpang itu rata - rata 700 orang per hari, dengan pergerakan pesawat 5 kali. Setelah masuk Ramadan ada terjadinya peningkatan signifikan. Pergerakan penumpang mencapai 1.200 per hari," ujarnya, Selasa, 26 April 2022.

Untuk di Bandara Iskandar Pangkalan Bun sendiri, terdapat 3 pesawat yang melayani penerbangan yaitu itu pesawat Nam Air, Lion Air kemudian Citilink, dengan tujuan, Surabaya, Semarang dan Jakarta.

Zuber mengungkapkan, untuk lonjakan pemudik diperkirakan di tanggal 29 April 2022. Itu karena tanggal tersebut adalah libur pertama. Kemudian juga ada Extra Flight dari Nam Air dan ada Charterflight dari pesawat Citillink yaitu pesawat Airbus 320 seri 200.

"Pada puncaknya nanti diperkirakan pemudik keluar dari Pangkalan Bun via Bandara Iskandar Pangkalan mencapai 15.000 orang," ungkap Zuber.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa dalam menyambut mudik lebaran tahun ini, di Bandara Iskandar Pangkalan Bun telah melakukan langkah-langkah persiapan.

"Fasilitas yang ada sudah diinspeksi dari tim kita dan juga Otoritas Balikpapan, dan hasilnya peralatan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun dinyatakan oleh tim layak beroperasi," tuturnya.

Kemudian, terkait dengan pengamanan mudik, pihaknya juga telah mendirikan Posko dengan melibatkan beberapa unsur, mulai dari Auri, Polres, BPBD, hal ini semata - mata untuk kenyamanan para penumpang. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru