Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hukuman Pencuri Mobil di Jalan Adonis Samad

  • Oleh Apriando
  • 26 April 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palangka Raya menjatuhkan vonis 10 bulan kepada terdakwa Kasmuni dan 8 bulan kepada Muhammad Faridzi dalam perkara tindak pidana pencurian sebuah mobil pada sebuah rumah di Jalan Adonis Samad, Kota Palangka Raya.

Hakim menyatakan kedua terdakwa telah bersalah melakukan tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan.

"Menjatuhkan pidana kepada para terdakwa terdakwa Kasmuni selama 10 bulan, dan terdakwa II Muhammad Faridzi dengan pidana penjara masing-masing selama 8 (delapan) bulan," ucap majelis hakim yang diketuai oleh Irfanul Hakim, sebagaimana dikutip dalam SIPP Pengadilan Negeri Palangka Raya, Selasa 26 April 2022

Perkara bermula pada 18 Desember 2021, Muhammad Faridzi menghubungi Kasmuni menyampaikan tujuannya ingin datang ke Kota Palangka Raya mencari pekerjaan.

Saat sampai di Kota Palangka Raya, Faridzi tidur di masjid. Ia mendapatkan pesan singkat dari Kasmuni memberitahukan tempatnya bekerja sebagai tukang bangunan di Jalan Adonis Samad. Kemudian ia kembali memberikan pesan di telepon genggam Faridzi untuk mencuri di sebuah rumah dekat dengan tempat terdakwa Kasmuni bekerja.

Faridzi berangkat menggunakan Gojek. Saat sampai, ia bertemu Kasmuni. Setelah berbincang, Faridzi masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela menggunakan obeng dari Kasmuni.

Ketika masuk ke dalam rumah, Faridzi membongkar lemari untuk mencari barang berharga, namun tidak ditemukan hingga ia mengambil sebuah laptop dan kunci mobil.

Keduanya mengambil mobil Brio tersebut dan pergi ke Arah Kalimantan Barat. Tetapi di tengah perjalanan, terdakwat tertangkap oleh pihak kepolisian. Akibat perbuatannya, keduanya dijerat pidana dalam pasal 363 Ayat (2)KUHP. (APRIANDO/B-7)

Berita Terbaru