Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Sawit Anjlok, DPRD Katingan: Pemda Jangan Tinggal Diam

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 April 2022 - 13:20 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono menyoroti terkait anjloknya harga TBS sawit dalam beberapa hari terakhir.

"Pemerintah daerah jangan hanya terpaku dan tinggal diam dengan harga tandan buah segar (TBS) sawit yang terjun bebas di tingkat petani di Kabupaten Katingan," sebut anggota DPRD Kabupaten Katingan,  Rudi Hartono,  Rabu,  27 April 2022.

Menurutnya, pemerintah daerah baik itu bupati maupun gubernur harus bergerak cepat membantu petani agar harga TBS sawit ini tidak dipermainkan oleh para pengelola atau pemilik pabrik. 

"Kan ada surat edaran (SE) Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian Nomor 165 yang baru keluar. Jangan menunggu diprotes dan dikritik baru mulai bergerak," tegas politisi Partai Golongan Karya ini. 

Menurutnya,  pemerintah daerah itu harus peka dengan persoalan yang ada di masyarakat. 

"Ini pemilik pabrik ambil kesempatan, pemerintah daerahnya diam saja, seolah-olah ada kerjasama antara mereka," ucapnya. 

Rudi menggambarkan misalnya di daerah Sumatera, harga TBS sawit Rp 3,900 per kilogram.

Sementara di wilayah Kabupaten Katingan harga TBS sawit ini malah anjlok hingga Rp 1.550 per kilogram.

"Sekali lagi pemerintah daerah jangan tinggal diam berpangku tangan, harus bergerak cepat membantu masyarakat. Mana ini menjelang lebaran lagi. Pabrik juga akan tutup libur," imbuh Rudi Hartono. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru