Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bentuk Karakter Peserta Didik, MTsN 1 Kapuas Terima Zakat Fitrah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 April 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Panitia Penerimaan Zakat Fitrah  MTsN 1 Kapuas menerima zakat fitrah dari para guru, tata usaha dan seluruh siswa madrasah setempat. Selain menerima zakat fitrah, panitia juga menerima zakat mal, infaq dan sedekah. Kegiatan tersebut sudah berjalan selama empat hari.

Ketua Penerimaan Zakat, Sarwani mengatakan, pihaknya juga siap menerima zakat dan lainnya itu dari para orang tua/wali peserta didik.

"Hasil penerimaan zakat tersebut akan disalurkan kepada  peserta didik serta pihak lain yang berhak menerimanya," katanya, Rabu, 27 April 2022.

Dia menuturkan, membayar zakat fitrah, infaq dan sedekah yang disampaikan langsung oleh peserta didik melalui panitia di madrasah merupakan salah satu implementasi dari pengetahuan keagamaan yang telah disampaikan melalui proses pembelajaran.

"Sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik untuk menjadi seorang insan yang memiliki rasa kesetia kawanan dan kepedulian sosial sesama," ucapnya.

Menurut Sarwani, dalam menerima zakat fitrah, pihaknya mengacu pada surat edaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas tentang Penyempurnaan Hasil Penetapan Zakat Fitrah 1443 H/2022 M.

Zakat fitrah berupa beras sebanyak 3,5 liter atau 2,8 kg, sedangkan zakat fitrah berupa beras yang diuangkan berbeda-beda sesuai jenis berasnya.

Untuk beras siam mayang kata Sarwani, jika dalam bentuk uang Rp48.000,-, beras siam karang dukuh, Rp42.000,- beras Jawa Rp40.000,- beras siam unus Rp37.000,- serta untuk beras gadabung Rp34.000,-.

“Walaupun dari edaran Kemenag membolehkan membayar zakat yang diuangkan,  panitia penerimaan zakat, mengimbau dan menyarankan agar dalam membayar zakat fitrah diharapkan diutamakan dalam bentuk beras,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru