Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Dorong Gerakan Mudik Minim Sampah

  • Oleh Hendri
  • 02 Mei 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini pemerintah secara resmi mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran 2022, setelah hampir dua tahun tidak memperbolehkan tradisi pulang kampung ini dilakukan.

Namun, sayangnya sering kali mudik ini justru membuat sampah membludak karena masyarakat yang masih belum sadar akan menjaga lingkungan terutama dalam hal membuang sampah.

Untuk itu, Pemerintah Kota Palangka Raya mendorong masyarakat dalam upaya meminimalisasi dan mengurangi sampah selama momen mudik Lebaran 1443 Hijriah. Gerakan ini sejalan dengan langkah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kami mendorong perilaku masyarakat peduli sampah, dimulai dari upaya minim sampah selama mudik atau liburan Lebaran," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah, Senin 2 Mei 2022.

Sebelumnya KLHK juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri LHK Nomor SE.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengelolaan Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran.

SE ini bertujuan untuk memperkuat komitmen serta peran pemerintah daerah melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah untuk mengurangi timbulan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Edaran itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam usaha penanganan sampah lewat kebijakan mudik minim sampah. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru