Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Makam Korban Tragedi Sampit Jadi Alternatif Tempat Wisata saat Libur Lebaran

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 04 Mei 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Makam korban tragedi Sampit masih mengundang daya tarik tersendiri bagi wisatawan, saat libur lebaran Idulfitri seperti sekarang ini. Mereka mendatangi makam tragedi 18 Februari 2001 itu dengan niat berziarah. 

Salah seorang wisatawan Bahri mengaku cukup berkesan dengan berziarah ke makam massal itu. Selain memperbanyak mengingat kematian, mereka juga mengenang tragedi kelam konflik suku berdarah tersebut. 

"Semoga tidak pernah terjadi lagi di Sampit. Kami bersyukur hari ini semua hidup rukun, damai dan tentram," katanya, Rabu, 4 Mei 2022. 

Kendati demikian, para wisatawan dan peziarah menyayangkan kondisi makam massal tampak tak terawat dengan baik. Lokasi makam ditumbuhi ilalang setinggi lutut. Sejumlah fasilitas penanda seperti papan nama makam juga tampak pudar perlu peremajaan. 

"Tulisannya sudah tidak terbaca," kata Mansyah,  peziarah lainnya. 

Tak hanya itu papan penanda saat masuk, selain ukurannya kecil, juga tertutup pohon kelapa sawit. Sehingga bagi pengunjung yang belum pernah berkunjung ke tempat bersejarah yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, kilometer 13,8 Sampit - Pangkalan Bun itu, akan sulit menemukannya. 

"Semoga ada perhatian dari pemerintah maupun instansi terkait. Insya Allah kami yakin bila dikemas dengan baik, kawasan ini dapat memperkaya khazanah wisata religi daerah ini," kata Ustaz Badar. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru